Cara Maksimalkan Potensi Anak Muda Hadapi Bonus Demografi

Written by Drip on June 25, 2020 in Menjadi Jutawan dari rumah with no comments.

Berlatih berbicara dengan merasakan menjadi pendengar dapat membantu menyiapkan diri dalam menerima tanggapan yang berbeda. Empati merupakan kemampuan untuk memahami perasaan, pemikiran dan keyakinan dari orang lain. Hal ini menjadi penting dalam perusahaan dan organisasi agar menghidupkan suasana pekerjaan yang efektif. Ketika perubahan radikal terjadi di kehidupan pribadi maupun profesional kita, biasanya akan lebih mudah berpikir bahwa itu ide gila, tidak mungkin, tidak realistis, tidak praktis, dan sebagainya.

Cara mengasah kemampuan diri sendiri

Atau mungkin Anda selalu ingin memanfaatkan sisi artistik Anda dan belajar melukis dengan cat air atau mengambil kelas fotografi. Langkah pertama untuk memaksimalkan potensi diri adalah dengan mencoba hal baru. Jangan pernah takut untuk gagal dalam mencoba hal baru adalah kunci untuk ini. Cobalah suatu hal baru yang belum pernah Anda pelajari sebelumnya.

Motivasi adalah sesuatu yang akan membuat kembali “hidup”, meskipun telah hampir mati ketika berupaya untuk mencapai tujuan hidup. Jadi sudah jelas, Anda harus memiliki sesuatu yang luar biasa yang bisa dijadikan sebagai motivasi hidup. Dengan demikian Anda bisa terjaga untuk tetap fokus dalam pengembangan potensi diri demi menggapai tujuan hidup. Orang yang berniat dalam pengembangan potensi diri adalah orang yang siap menerima kritikan.

Mengamati perubahan emosi pada orang lain perlu juga Anda lakukan untuk membangun hubungan sosial yang positif. Dengan mengamati perubahan emosi orang lain, Anda dapat mengetahui perasaan seseorang dalam situasi tertentu dan mengambil tindakan berdasarkan hal tersebut. Sama halnya dengan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional perlu diasah. Anda tidak bisa mencapai tingkat EQ tinggi dalam waktu yang singkat, tetapi memerlukan proses yang berlangsung perlahan-lahan. Kecerdasan emosional adalah kemampuan seseorang untuk mengenali dan mengelola pikiran dan perilaku diri sendiri dan orang lain. EQ mempengaruhi bagaimana seseorang bersikap, menghadapi dan menanggapi masalah, serta membuat keputusan.

Baik upward maupun downward social comparison dapat mempengaruhi rasa percaya diri, motivasi dalam diri, dan sikap seorang individu baik menuju kearah positif maupun negatif. Maka proses ‘perbandingan’ yang dilakukan harus diperhatikan dan dikontrol dengan baik agar membuahkan hasil positif bagi psikologis diri sendiri pula. Dalam kalangan perempuan, cukup mudah ditemukan contoh-contoh terjadinya upward social comparability dalam setting atau situasi sehari-hari. Contohnya adalah ketika seorang perempuan yang melihat teman-teman sebayanya di kampus yang terlihat sangat handal dan lihai dalam menggunakan make-up untuk kesehariannya.

Comments are closed.